Sabtu

Bee Polen / Sari Bunga


 Pollen/Serbuk Sari berisi sumber vitamin, mineral, asam amino protein, hormon, enzim dan lemak yang dikenal terkaya, serta antibiotik alami dalam jumlah signifikan.  
Sebagian besar vitamin yang diketahui dalam pollen/serbuk sari berada dalam proporsi yang sempurna.
 Dalam pollen/serbuk sari tersebar 5.000 sampai 9.000 mikrogram karotenoid yang aktif, yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh.Karotenoid ada dalam pollen/serbuk sari bunga yang diserbuki oleh serangga, tetapi hilang dari spesies bunga yang diserbuki angin. Karotenoid (Provitamin A) hadir dalam fraksi Lipochrome (yang xanthophyll ester), dan dapat berkisar dari mulai 50 hingga 150 mikrogram per gram. Pollen/Serbuk Sari kaya akan kandungan karoten dan dapat berisi karoten 20 kali lebih banyak daripada wortel dengan berat yang sama, sehingga menjadikan pollen/serbuk sari sumber Provitamin A yang baik. Karotenoid biasanya dikombinasikan dengan lapisan luar butir pollen/serbuk sari (sporonine), tetapi ada beberapa juga yang terikat pada protein sel pollen/ serbuk sari. Selain karotenoid, ada jenis lain yang ditemukan di pollen/tepung sari, yaitu, pigmen flavin (Flavon, flavonols). Selain itu, sitokrom juga suka ada di pollen/serbuk sari.
 Berikut adalah jumlah vitamin B kompleks yang ditemukan dalam satu gram (1.000 miligram) pollen/benang sari mentah segar:
   
Vitamin B1 (tiamin)9.2 mg.
Vitamin B2 (riboflavin)18,5 mg.
Vitamin B6 (pyridoxine)5.0 mg.
Asam nikotinat200.0 mg.
Asam pantotenat27.6 mg.
Asam folat5.0 mg.

Jumlah ini seharusnya meningkat sebesar 20 hingga 25 persen untuk semua varietas pollen/serbuk sari keringSemua bentuk bee pollen/serbuk sari lebah berisi jumlah vitamin B1, B2 dan E yang lebih tinggi daripada dalam buah-buahan, berry dan sayuran hijau.
 Satu gram pollen segar mentah mengandung 7 sampai 15 mg vitamin C dan juga vitamin E (tokoferol).
 Meskipun vitamin K tidak ada dalam mixed pollen, namun vitamin K bisa ditemukan pada pollen yang difermentasi (bee bread). Vitamin K kemungkinan besar dibuat oleh bakteri yang membantu dalam proses fermentasi pada saat pollen/serbuk sari disimpan dalam sel-sel sarang madu.Sementara pollen/serbuk sari biasanya secara bertahap memburuk di tempat penyimpanan pollen, sedangkan roti lebah/bee bread menyerupai pollen/ sari segar dan mempertahankan nilainya sebagai makanan (bahkan setelah lebih dari dua tahun).
 Pollen/Serbuk sari biasanya berisi sebanyak 17 miligram rutin, meskipun sarang lebah yang disimpan pollen/serbuk sari bisa berisi hingga 13 persen.Pasokan terkaya rutin ditemukan di pollen tepung soba, karena faktanya bahwa rutin berasal dari soba. Konsumsi sehari-hari pollen dari 60 sampai 70 gram per hari dianggap aman sejauh asupan rutin yang bersangkutan.
 Berbagai macam vitamin lainnya ditemukan di pollen termasuk vitamin B5, B12, D, biotin, inositol dan PABA
  Kandungan mineral bee pollen adalah sebagai berikut:
  

Kalsium1-15% dari abu
(10.5% rata-rata)
Klorin1% dari abu
Tembaga0.05 sampai 0.08% dari abu
Besi0.01 sampai 0.3% dari abu
(0.07% rata-rata)
Magnesium1 sampai 12% dari abu
(6.7% rata-rata)
Mangan1.4% abu
Fosfor1 sampai 20% dari abu
(13.6% rata-rata)
Kalium20-45% abu
(20.7% rata-rata)
Silikon2 sampai 10% dari abu
Belerang1% dari abu


Total Abu mineral pada bee pollen bisa bervariasi dari 1 sampai 7 persen (rata-rata rata 2,7 persen), yang merupakan mirip dengan biji-bijian dan biji-bijian tertentu.
 Bee pollen berisi hingga 59 mineral yang berbeda, dan semua mineral yang ditemukan di bee pollen ada dalam bentuk yang sangat mudah dicerna.
 Kandungan protein bee pollen (termasuk peptones dan gloculins tertentu) berkisar 10-35 persen (tergantung tanaman asalnya), dengan rata-rata 20 persen. Empat puluh sampai lima puluh persen protein ini bisa berupa asam amino bebas. Semua bee pollen mengandung jumlah 22 asam amino yang sama persis, namun spesies yang berbeda menghasilkan jumlah yang berbeda-beda.Asam amino yang ditemukan di seluruh bee pollen kering berfluktuasi antara 10 dan 13 persen (26.88% protein atau zat albuminous). Ini setara dengan 5 sampai 7 kali asam amino yang ditemukan pada bobot yang sama pada daging sapi, susu, telur atau keju.
 Berikut adalah perbandingan konten protein antara bee pollen dan "makanan yang berprotein lengkap" (porsi makan 100 gram):
  
Isoleusine
Leusine
Lisina
Metionina
Daging (sapi)
0.93
1.28
1.45
0.42
Telur
0.85
1.17
0.93
0.39
Keju
1.74
2.63
2.34
0.80
Bee Pollen
4.50
6.70
5.70
1.8

Phenylalamine
Treonina
Tryptophane
Valina
Daging (sapi)
0.66
0.81
0.20
0.91
Telur
0.69
0.67
0.20
0.90
Keju
1.43
1.38
0.34
2.05
Bee Pollen
3.90
4.00
1.30
5.70

 Analisis kuantitatif asam amino (per 100 bagian materi kering) adalah sebagai berikut: 




Arginina5.3%Metionina1.0%
Histidina2.5%Phenylalamine4.1%
Isoleusina5.1%Treonina4.1%
Leu7.1%Tryptophane1.4%
Lisina6.4%Valina5.8%

Ini adalah asam amino yang sangat harus ada dalam diet kita sehari-hari, dan tidak dapat diproduksi atau disintesis dalam sistem tubuh kita. Asam amino ini juga berasal dari sumber-sumber alam dalam bentuk yang dapat digunakan.
 Sekitar 35 gram bee pollen tiap hari akan memasok semua kebutuhan tubuh akan protein. Namun, walau  hanya 25 gram bee pollen per hari yang dikonsumsi, itu cukup bagi seseorang untuk kebutuhannya akan masing-masing asam amino yang esensial.
 Zat-zat albuminous dalam bee pollen terdiri dari albumine, globuline, Guanina, Hipoxantina, lesitin, nusleine, peptone, vernine dan xantina.
 Tubuh lebih efektif memanfaatkan protein dalam makanan jika ada pilihan yang lebih besar dari asam amino yang tersedia.
 Bee pollen berisi antara 10 sampai 15 persen zat gula alami, termasuk fruktosa, glukosa, pentosa, raffinose, stachyose dan Sukrosa. Kandungan ini  pada dasarnya sama dengan zat gula alami yang ditemukan dalam madu.
 Jumlah konten  zat gula alami pada bee pollen berkisar antara 30 sampai 40 persen; glukosa, dari 25-48 persen; zat gula reducing, dari 7,5 to 40 persen;dan zat gula non reducing, dari 0,1 untuk 19 persen. Zat gula non reducing dalam bee pollen yang dikumpulkan oleh lebah rata-rata 2,7 persen sementara zat gula reducing  berkisar dari 18 sampai 41 persen, dengan rata-rata berarti 25 persen. 
 Bee pollen/Serbuk sari bisa juga berisi hingga 44 persen karbohidrat atau glucides. Pati yang ditemukan pada bee pollen kadang dikombinasikan dengan karbohidrat lainnya, dan rata-rata di 1 sampai 22 persen.
 Dinding luar membran bee pollen terdiri dari sporonine dan selulosa.Karbohidrat kompleks ini unextractable dari pollen/serbuk sari, dan berkisar 7-57 persen pada bermacam-macam spesies.

sumber: behealthy-befit.bogspot.com


Manfaat Bee Pollen


Bee pollen dibuat oleh lebah pekerja. Bee pollen sebenarnya merupakan sumber makanan bagi lebah, kaya akan protein yang berisi 18 jenis asam amino, lemak, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, betakaroten, kalsium, magnesium, dan selenium. Bee pollen juga memiliki kandungan karotenoid, flavonoid, dan fitosterol.
Bee pollen berfungsi:
  1. Untuk mendetoksifikasi racun, dan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. 
  2. Melawan anemia.
  3. Melawan infertilitas, impotensi.
  4. Melawan kanker.
  5. antivirus, antibakteri, antialergi, antiradang, antimutagenik.
  6. Meningkatkan sistem imunitas karena kandungan antioksidannya dapat menonaktifkan radikal bebas di dalam tubuh.
  7. Melawan efek radiasi dan polusi lingkungan
  8. Mengurangi efek tak nyaman dari terapi radiasi penderita kanker (konsumsilah bee pollen 20 g (atau sama dengan 2 sendok teh tiga kali dalam 1 hari).
  9. Memberikan ekstra energi.
  10. Menurunkan kolesterol darah yang berlebih.
  11. Menstabilkan dan menguatkan pembuluh darahsehingga dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler.
  12. Membantu menurunkan berat badan dengan memperbaiki metabolisme pembakaran lemak tubuh.
Bee pollen memiliki sifat seperti buah dan sayuran segar. Jika Anda tidak langsung mengkonsumsinya, maka simpanlah bee pollen di dalam lemari es.
Bee pollen biasanya dijual dalam bentuk serbuk halus atau butiran kecil. Mengkonsumsi bee pollen dapat dicampur dengan madu, roti, kue, susu, dan lainnya. Satu sendok makan bee pollen dapat mengganti kebutuhan buah dan sayur dalam diet sehari-hari. Konsumsi bee pollen yang dianjurkan adalah 1 hingga 2 sendok makan sehari.
sumber: infosehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar